Menulis di Blog

Kayaknya sudah lama tidak buat tulisan (postingan) di blog ini, sempat terlintas tanya:
"kira-kira masih banyak tidak yang mau baca blog?".
Harusnya dicari dulu datanya, tapi langsung dijawab sendiri saja: "masih ada, insyaAllah".

Berharap yang baik, dengan begitu niatan menulis bisa dilanjut.

Blog ini awalnya dibuat karena tugas, tak terasa keterusan hingga sekarang. Waktu itu belum tahu sama sekali mau mulai dari mana, akhirnya belajarlah dari internet, ternyata tutorialnya lengkap (terima kasih pada para Blogger yang banyak membagikan ilmunya, sangat bermanfaat).

Meskipun awam dalam membuat sebuah tulisan, sepertinya kegiatan menulis itu menyenangkan. Kadang cukup lama menentukan tema apa yang akan dibahas, kalaupun sudah ketemu bingung judul apa yang sesuai. Koreksi kata atau kalimat seringkali dilakukan, kurang enak dibaca. Belum lagi mencari pustaka sebagai referensi yang menguatkan tulisan, tapi otomatis jadi membaca. Liku-liku inilah yang mungkin membuat menulis jadi menarik.

Blog bermanfaat sebagai media menyalurkan minat menulis. Meskipun bisa dilengkapi konten visual, namun porsi tulisan kelihatannya jauh lebih banyak sehingga membuat tulisan yang informatif, menarik, dan bermanfaat perlu diupayakan.

Postingan tak ada yang baca, atau jangankan baca, yang berkunjung ke blog pun tak ada, lantas buat apa susah-susah menulis. Jangan kecewa dulu, tentu perlu dipelajari bagaimana membuat blog yang menarik. Banyak tutorial lengkap di internet yang dapat membantu bagaimana agar postingan terindek mesin pencari, bagaimana meningkatkan kunjungan ke blog, dan optimasi blog lainnya.

Lain halnya bila tidak memusingkan ada tidaknya yang berkunjung, nampaknya semangat menulis tidak akan surut. Kembali lagi berharap yang baik, mungkin suatu saat bisa bermanfaat, tentu sambil terus belajar.

Bagaimana, masih mau buat postingan di blog.

Komentar

Postingan Populer