Merajut Bagi Pemula: Mari Mulai Merajut (Tulisan Ke-3 dari 3 Bagian)

Jangan takut untuk belajar merajut:
  • membuat rajutan pertama menjadi pengalaman berharga,
  • karya pertama membuahkan rasa bahagia “Alhamdulillah bisa juga merajut”,
  • tambah bersyukur manakala rajutan kita dipakai anggota keluarga atau sahabat kita,
  • melihat rajutan perajut berpengalaman menginspirasi kita untuk menambah pengetahuan dan selalu berlatih hingga mampu membuat rajutan yang lebih baik lagi.

bros rajut


Bagi pemula, berikut beberapa langkah yang ada baiknya diperhatikan sebelum memulai merajut:  

Tentukan karya rajutan apa yang akan dibuat
Membuat rajutan dengan aneka bentuk (segiempat, bujursangkar, atau lingkaran) merupakan latihan dasar yang baik. Rajutan sederhana seperti scarf, topi, taplak, atau dompet kecil dapat menjadi alternatif pilihan mengingat pembuatannya yang mudah dan tidak terlalu lama.

Menentukan jenis tusukan
Untuk melatih ketrampilan awal dalam merajut, gunakan salah satu atau gabungan dari tusukan dasar seperti tusuk tunggal (single crochet), tusuk setengah ganda (half double crochet), tusuk ganda (double crochet), dan tusuk tripel (treble crochet). 

Memilih jenis benang dan perpaduan warna
Banyak pilihan benang rajut dengan karakteristik yang berbeda (misalnya: katun, wool, acrylic, polyester, nylon). Gunakan benang rajut yang sesuai dengan rencana rajutan yang akan dibuat.

Menentukan nomor hakpen
Benang dengan diameter kecil dirajut dengan hakpen nomor kecil, demikian sebaliknya gunakan nomor hakpen besar untuk benang dengan diameter besar. Penggunaan nomor hakpen berbeda pada benang dengan diameter sama akan memberikan hasil akhir yang berbeda. Dalam label benang selain mencantumkan informasi berat benang (gram), perkiraan panjang benang (meter), juga ada yang mencantumkan nomor hakpen (mm atau A, B, atau lainnya) yang disarankan.

Menentukan ukuran
Tahapan ini berkaitan dengan hasil akhir yang diinginkan sehingga diperoleh bentuk yang proporsional. Sebagai contoh: akan dibuat dompet tempat pensil ukuran (20 x 15 cm) atau (8 x 6 inch), perkirakan jumlah tusukan (stitches) yang diperlukan untuk 1 inch disesuaikan dengan diameter benang dan nomor hakpen yang dipakai.

Postingan Populer