Peluang Usaha Souvenir Pernikahan dari Kain Flanel

Produksi souvenir flanel menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dilirik pembuat kerajinan tangan, bagaimana tidak, diantara sekian banyak souvenir pernikahan yang ditawarkan, banyak dijumpai salah satu diantaranya berbahan dasar kain flanel dengan beragam bentuk kreasi yang menarik.

Dari interaksi dengan beberapa konsumen pembuat souvenir flanel (selanjutnya disebut “produsen”) yang berkunjung ke Toko Hasanah (dikelola kontributor Kreasi Hasanah), gambaran sederhana berkaitan usaha ini disarikan dalam tulisan berikut ini.

kain flanel


Mengapa memilih flanel
Kain ini memiliki banyak keunggulan untuk digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, antara lain:
  • Teksturnya lembut dan halus, mudah digunting dan dijahit tangan maupun mesin.
  • Variasi warna banyak, mudah untuk dikombinasikan, misal warna biru bisa memilih baby blue, sky blue, blue, electric blue, navy blue, begitu juga warna lainnya.
  • Ketersediaan yang banyak, dapat diperoleh dari berbagai toko konveksi, toko kerajinan tangan, hingga di toko buku pun ada.
  • Harga terjangkau, dijual per meter (lebar 90 cm) bahkan tersedia ukuran kecil per ½ meter, 45x50 cm, 30x33 cm, 25x30 cm.
  • Kemudahan dalam membuat kreasi, setiap orang bisa melakukannya.

Ukuran dipilih
Sebagian besar “produsen” memilih ukuran kecil (25x30 cm) dibandingkan membeli per meter, boleh jadi pertimbangannya dengan budget yang tidak terlalu jauh, beli per meter hanya untuk satu warna sementara ukuran kecil bisa diperoleh 12 warna.

Warna diminati
Meskipun pilihan warna pastinya disesuaikan konsep produk yang akan dibuat, namun warna-warna seperti putih, hitam, biru, merah, kuning, pink, ungu, coklat, hijau umumnya selalu dipilih “produsen”; dalam gradasi satu warna biasanya diwakili dengan satu warna muda dan satu warna tua. Warna mencolok juga banyak diminati.

Souvenir yang dibuat
Gantungan kunci dan bros menjadi souvenir yang banyak diproduksi. Boneka binatang, tokoh kartun, makanan, dan buah-buahan termasuk model yang sering dijadikan gantungan kunci, sementara bentuk bunga dipilih sebagai bros.

Ukuran souvenir
Sifatnya relatif, tergantung harga yang akan ditawarkan atau sesuai permintaan calon pengantin. Para “produsen” umumnya membuat gantungan kunci maupun bros souvenir pernikahan dalam ukuran yang tidak terlalu besar, kisaran dimensi 4-5 cm.

Paket ditawarkan
Berbagai pilihan: souvenir saja, souvenir sudah dikemas, atau souvenir dikemas berikut kartu ucapan terima kasih.

Minimum pesanan
Ini berkaitan dengan biaya produksi, ada “produsen” yang menetapkan batas minimum misal 50, 100 buah, namun ada juga yang tanpa batas minimum.

Stok di workshop
Penyetokan meskipun dalam jumlah minimum, misal 50 buah, umumnya dilakukan “produsen”, tentunya diperlukan dalam aktifitas promosi dan penawaran.

Batas waktu pemesanan
Perlu dilakukan mengingat pembuatan souvenir flanel umumnya membutuhkan waktu yang cukup, tentu jadi ringan dengan ketersediaan stok, saat deal pesanan, tidak perlu kalang kabut dead line produksi.

Harga jual
Pembuatan kreasi flanel umumnya handmade dengan bentuk, ukuran dan tingkat kesulitan yang beragam, itu sebabnya harga dapat bervariasi. Harga ditawarkan “produsen” untuk gantungan kunci maupun bros berkisar Rp. 2.000 - 5.000, itupun tergantung pada ukuran.

Taksiran biaya produksi
Informasi ini tidak diperoleh dari “produsen”, namun untuk ilustrasi, biaya produksi hiasan flanel yang pernah dibuat Kreasi Hasanah berkisar Rp. 300 per buah (dibuat Juli 2019, diameter 5 cm, tanpa peniti, tidak termasuk biaya lainnya seperti tenaga kerja, packing).

bros flanel


Bahan lain yang diperlukan
  • Benang jahit,  ada yang memilih warna benang sama dengan warna kain, namun banyak juga yang memilih warna putih atau kuning muda untuk menjahit berbagai warna kain. Jarum jahit Disesuaikan diameter benang yang dipakai.
  • Glue gun dan lem bakar, banyak dipilih dibandingkan lem cair dalam tube, namun ada “produsen” yang lebih memilih lem dalam tube untuk menempelkan bagian yang kecil-kecil.
  • Dakron. digunakan untuk isi boneka, ada juga yang memanfaatkan sisa-sisa potongan flanel sebagai pengganti dakron.
  • Ring gantungan kunci, berbagai pilihan seperti model (gelombang atau tidak), bahan (metal, plastik), diameter, ketebalan, dengan atau tanpa tambahan rantai.
  • Peniti bros, bisa peniti dengan atau tanpa mangkok, lebar peniti dan diameter mangkok bervariasi.
  • Aksesoris lain seperti mata boneka, magnet, aneka hiasan, mute, pita.
  • Kemasan, banyak pilihan seperti plastik OPP atau PP dengan berbagai ukuran dan ketebalan, kain, plastik mika gulungan atau yang sudah dibentuk atau belum dibentuk sudah porporasi.
  • Pita, untuk mempercantik kemasan, umumnya dipakai ukuran ¼ atau 1/8 inch, bisa menggunakan pita kawat, pita glitter, pita organdi, atau pita satin.

Promosi souvenir
Media sosial menjadi salah satu yang diandalkan, melalui market place atau memiliki website sendiri disamping promosi dari mulut ke mulut. Beberapa “produsen” yang mendapat pesanan berikut kemasan ada yang menyelipkan secarik kertas sebagai promosi yang mencantumkan nama dan nomor kontak untuk pemesanan.

Postingan Populer