Penghasilan Tambahan dari Kreasi Kerajinan Tangan

Insya Allah sudah banyak yang menjalankannya, berikut sedikit catatan yang penulis kumpulkan dari 33 konsumen yang datang ke Toko Hasanah (dikelola penulis) yang membuat berbagai kreasi kerajinan tangan untuk dijual sebagai penghasilan tambahan, mudah-mudahan bisa menambah semangat untuk yang ingin mencoba menjajakinya.

penghasilan tambahan dari kerajinan tangan


Pembuat kerajinan. Didominasi oleh perempuan mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga karyawan.



Jenis kerajinan. Kerajinan dari kain flanel lebih banyak dipilih, mungkin karena pembuatannya relatif mudah serta dapat dikerjakan oleh setiap orang. Kerajinan dari rajutan umumnya berukuran kecil, mungkin mengingat waktu pengerjaannya yang lebih cepat. Buket bunga dari bunga asli maupun artifisial dari kain flanel, kertas, spunbond, atau bahan pita satin serta buket snack lebih banyak dibuat oleh kelompok mahasiswa, dibuat sebagai hadiah kelulusan hingga ulang tahun. Kerajinan dari bahan pita maupun tali kur lebih rendah diminati dibandingkan kerajinan tangan dari kain flanel. Tidak hanya satu jenis kerajinan tangan saja, kreasi bisa lebih dari satu, misalnya kerajinan dari bahan kain flanel dan buket makanan, atau kombinasi lainnya.



Kreasi yang dibuat. Berbagai kreasi menarik dibuat dari jenis kerajinan tangan yang dipilih.



Produksi sendiri atau kelompok. Pengerjaan lebih banyak dilakukan secara perorangan, tak berani terima pesanan banyak, maklum yang mengerjakan sendiri; beberapa alasan mengapa lebih memilih produksi sendiri, antara lain jumlah produksi masih sedikit, belum berani minta orang lain bantu maklum beda tangan beda hasil, atau boleh jadi perlu waktu untuk ngajarin dulu. Bagaimana kalau berkelompok, kerjasama keluarga atau teman atau dengan crafter lain! mungkin bisa dijajaki.



Harga jual. Sangat relatif, tergantung biaya produksi masing-masing kreasi yang dibuat, tingkat kesulitan, serta pasar yang dibidik.

Promosi. Media sosial menjadi salah satu yang diandalkan disamping promosi dari mulut ke mulut. Buat sampel produk, foto, sertakan spesifikasi, informasi harga (bila perlu), dan nomor yang bisa dihubungi (untuk pemesanan). Tayangan foto produk yang sudah dibeli jadi promosi, ucapan terima kasih dari konsumen juga jadi promosi, bahkan chat order pesanan pun jadi promosi.

Penjualan. Dengan cara berjualan langsung (di acara sekolah, wisuda, acara komunitas, car free day) dan/atau melalui media sosial hingga market place.

Postingan Populer