Obrolan Ringan, Menjalani Usaha saat Pandemi Covid-19

Banyak yang merasakan dampak Pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi, tidak sendirian, menjalaninya bersama-sama dengan sabar, bahu membahu, sesudah kesulitan selalu ada kemudahan, harapan menjadi lebih baik selalu ada.




dengan pedagang sayur keliling
6 April 2020, biasa lewat rumah jam 9 an, sekarang jam 7 sudah mampir.

Sepi ya Pak?
Alhamdulillah, justru ramai, cepat habis. Biasanya siang baru selesai, sekarang jam 10 an habis. Pada ada di rumah, ibu-ibu jadi belanja.

Kiri kanan bak sayur juga di bagian depan motor penuh plastik digantung-gantung isi sayuran.

Apa ini?
Pesanan, sekarang mudah, kirim WhatsApp ke Bapak, mau dibawakan apa, tinggal kirim.

kiat: pemanfaatan teknologi, terima pesanan

dengan pedagang bubur ayam + kupat (ketupat) tahu
29 Maret 2020, biasanya kalau minggu, datang jam 9 an pagi seringnya tak kebagian, kadang papasan dengan roda dagangannya menuju arah pulang, habis. Kali ini tidak.

Bubur dua, kupat habis Bu?
Ngak buat, takut ngak habis, sementara jual bubur ayam saja yang laku, lagipula suasana sekarang, jaga kondisi dulu, jangan sampai kecapean juga.

kiat: menjual produk paling banyak diminati

saat di kios pulsa
2 April 2020, meskipun lokasi kios di pinggir jalan raya, menurutnya situasi sekarang ini berdampak pada turunnya penjualan.

Jalanan sepi, tau nih, gimana kedepannya, khawatir juga. Tetap buka aja, yang perlu kuota pasti ada. Kata temen-temen sih, yang ramai kios pulsa di perumahan.

kiat: prasangka baik, tetap melihat ada peluang

dengan petugas bank
31 Maret 2020, tanya informasi perihal relaksasi angsuran pinjaman. Ada keringanan pembayaran angsuran cukup bunga saja selama beberapa bulan atau perpanjangan jangka waktu pinjaman. Setidaknya jadi kemudahan di saat penurunan pendapatan hasil usaha.

sambil naik ojek pangkalan
6,7 April 2020, jumlah penumpang turun, waktu tunggu lebih lama hingga turunnya pendapatan dibawa pulang tidak menghalangi bapak-bapak ojek pangkalan untuk tetap beroperasi melayani. Keringanan pembayaran angsuran motor dan gratis atau diskon tagihan listrik untuk beberapa bulan jadi hal yang menggembirakan.

kiat: sabar menjalani

Postingan Populer