Usaha Sampingan, Jualan Pulsa

Dari sekian banyak peluang usaha, prospek jualan pulsa nampak menjanjikan, bagaimana tidak, saat ini, untuk mendapatkan informasi maupun komunikasi, semua perlu pulsa. Banyak yang berhasil menjalankan usaha ini sebagai penghasilan utama, tidak sedikit pula yang menjadikan sebagai usaha sampingan untuk tambahan penghasilan.

Kemudahan mempelajari
Jualan pulsa tidak memerlukan kompetensi khusus, informasi tersebar di internet memudahkan pemula mempelajari tatacara dan kiat-kiat menjalankannya.

Pasar yang luas
Pulsa jadi kebutuhan hampir setiap orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga orangtua, baik pekerja maupun bukan pekerja.

Modal minimal
Dengan handphone (HP) dan punya deposit yang siap dijual jadi modal minimal dalam operasional transaksi. HP dengan fungsi utama telepon dan SMS masih dapat dimanfaatkan. HP atau personal computer (PC) terkoneksi internet diperlukan untuk jualan pulsa online, pemakaian smartphone dengan memanfaatkan whatsapp, telegram atau aplikasi lain, mempermudah transaksi, tidak tergantung SMS saja. Membutuhkan lebih dari satu HP bisa saja terjadi.

Cara jualan
  • Melalui chip yang dikeluarkan masing-masing operator selular.
  • Melalui chip all operator, jualan pulsa berbagai operator selular cukup dengan satu chip (sim card).
  • Secara online melalui server online yang menyediakan layanan transaksi jual pulsa untuk semua operator.
  • Memanfaatkan layanan pembelian pulsa dari bank melalui internet atau mobile banking.

Produk
Tidak hanya pulsa, juga termasuk kuota internet, paket SMS, paket telepon, token listrik, pembayaran-pembayaran, dan sebagainya.

Server pulsa
Banyak pilihan server pulsa online dengan berbagai layanan ditawarkan. Memilih server pulsa yang layanannya baik menjadi penting karena berkaitan dengan pelayanan yang diberikan pada pembeli pulsa. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih server pulsa, antara lain: kecepatan dan kelancaran transaksi, harga, varian produk, jalur transaksi dan alternatifnya, layanan customer service, dan faktor-faktor lainnya.

Pendaftaran di server pulsa
Sebagai langkah awal menjadi agen penjual pulsa. Proses pendaftaran online, mudah, tinggal mengikuti petunjuk dari server pulsa.

Isi saldo deposit
Dana yang disimpan di server pulsa untuk melakukan transaksi penjualan pulsa, bisa diisi ulang dan berkurang sesuai transaksi. Minimal deposit yang ditetapkan server pulsa bervariasi. Tatacara dan pembayaran deposit mengikuti petunjuk server pulsa.

Jualan pulsa
Transaksi pengisian pulsa dilakukan dengan berbagai jalur, misal SMS, email, telegram, whatsapp, dan lainnya sesuai format pengisian pulsa yang ditentukan server pulsa.

Jumlah transaksi per hari
Besarnya jumlah transaksi per hari menentukan jumlah keuntungan diperoleh.

Administrasi
Sekecil apapun usaha, melakukan pencatatan menjadi keharusan.

Mulai dari mana saja
Buka konter di rumah atau sewa konter di pinggir jalan yang ramai dilalui atau tanpa perlu membuka konter sekalipun bisa jualan pulsa.

Lokasi
Usaha jualan pulsa dengan buka konter membutuhkan tempat strategis yang mudah dijangkau. Nama konter, menjadi penting, sebagai identitas dan keseriusan usaha. Menjaga kerapihan, kebersihan, kenyamanan dan keamanan sebagai upaya yang perlu konsisten dijalankan guna memberikan kepuasan pada pembeli.

Target pasar
Buka konter di rumah, lingkungan sekitar rumah jadi pasar yang dibidik. Punya usaha sudah berjalan, tambah layanan jual pulsa, memanfaatkan pasar yang ada. Sewa kios untuk konter, pasar dibidik pun meluas. Tanpa buka konter, cukup online, pasar dibidik luas atau boleh jadi terbatas mengandalkan pertemanan.

Harga jual
Ditentukan atas harga beli pulsa dari server pulsa dan seberapa besar margin yang diambil. Ditinggalkan pelanggan bisa saja terjadi manakala mengambil margin terlalu tinggi. Perlu menetapkan harga jual yang wajar dengan mempertimbangkan harga di pasaran.

Promosi
Plang, spanduk, banner, brosur sebagai promosi konter pulsa. Jualan tanpa konter, promosi melalui saudara, teman, atau media sosial bisa dilakukan. Pasang spanduk di tempat usaha yang sudah dimiliki juga sebagai upaya promosi. Harga promo selama periode tertentu bisa jadi daya tarik bagi calon pembeli.

Pelayanan
Penjual pulsa bertindak sebagai penghubung antara pembeli pulsa dengan server pulsa, faktor pelayanan jadi hal utama yang perlu diperhatikan. Harga jual bisa sesuai dengan harga di pasaran, namun aspek pelayanan bisa menjadi hal yang membedakan antara konter pulsa satu dengan yang lain. Pelayanan tidak hanya kecepatan transaksi saja, juga mencakup sikap yang baik, ramah serta kesopanan saat melayani, kejelasan dalam memberikan informasi, kesabaran saat menghadapi keluhan, dan aspek kehati-hatian.

Menjaga pelanggan
Pelayanan yang baik bisa menjadi salah satu faktor yang memberikan kepuasan pelanggan hingga melakukan pembelian ulang, tidak segan mempromosikan pada yang lain dan mengajaknya untuk membeli. Diskon, hadiah, atau garansi sebagai salah satu langkah apresiasi pada pelanggan.

Persaingan
Beli pulsa mudah, bisa dimana dan kapan saja. Yang jualan tersebar, bisa ke konter pulsa, mini market, online market place, toko/ kios/warung yang buka layanan jual pulsa hingga ke teman yang jualan pulsa juga bisa. Saat darurat kehabisan pulsa pun, layanan “hutang pulsa” pun ada, tinggal kirim YES/OK ke nomor tertentu, bayar otomatis dibebankan saat pembelian pulsa selanjutnya. Luasnya pasar serta kemudahan transaksi bahkan dengan modal minimal sekalipun menjadikan usaha ini banyak dilirik.

Ketekunan
Usaha jualan pulsa nampak tidak rumit untuk dijalankan. Daya beli, persaingan usaha, terbatasnya target pasar, menurunnya modal, hingga kualitas layanan dapat menjadi faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi jumlah transaksi penjualan. Tentunya peluang memperoleh atau meningkatkan jumlah transaksi penjualan selalu ada baik saat menjatuhkan pilihan untuk buka konter di rumah, buka konter di tempat strategis, atau cukup online tanpa konter, namun dalam pengelolaannya juga diperlukan ketekunan dan kesabaran.

Belajar
Teknologi dan informasi terus berkembang, perubahan produk dan layanan operator selular bisa terjadi setiap saat, mengikuti perkembangan dan belajar terus menjadi keharusan.

Postingan Populer