Bandung-Jakarta, Jakarta-Bandung dengan Kereta Api, Mobil Travel, atau Rental Mobil

Saat membeli sebuah barang, dengan mudah dapat menilai kualitas barang dimaksud dari berbagai hal, misalnya warna, bentuk, label, kemasan. Layanan transportasi yang ditawarkan penyedianya bukan berbentuk suatu barang dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun bagi penggunanya melainkan hanya bisa dirasakan manfaatnya, sehingga untuk menilai kualitasnya hanya bisa dilakukan setelah layanan itu diperoleh. Seberapa bagus kualitas layanan transportasi yang dirasakan bagi setiap konsumen bersifat relatif, sampai sejauh mana layanan yang dirasakan bisa memenuhi kebutuhan dan harapan penggunanya.

KERETA API

Saat ini perjalanan dengan kereta api Bandung-Jakarta (atau sebaliknya) jauh berbeda dibanding tahun 90-an, banyak inovasi yang telah dilakukan PT KAI dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang melalui peningkatan kualitas layanannya.

Tidak perlu antri beli tiket, leluasa memilih kursi, reservasi on line bisa dilakukan jauh-jauh hari melalui https://www.kai.id/ atau aplikasi KAI Access ataupun agen travel seperti traveloka, tiket.com, pegi-pegi, kantor pos, tokopedia, bukalapak, mini market disertai kemudahan pembayaran melalui berbagai media mulai dari ATM, kantor pos, indomart, alfamart, dan lainnya.

Sistem check-in dan boarding pass diberlakukan di stasiun Bandung. Datang sebelum jam keberangkatan, check-in di mesin check-in mandiri yang tersedia di lobby, cukup mengetikkan kode booking yang tercantum di bukti pembelian tiket, memilih tombol print/cetak, dan otomatis mesin mengeluarkan tiket (boarding pass) yang mencantumkan nama penumpang, kode booking, nama kereta, tujuan, jadwal keberangkatan, dan nomor kursi. Mengalami kesulitan mencetak boarding pass!, tak perlu khawatir, petugas security sigap membantu. Saat boarding, berikan pada petugas kartu identitas yang akan ditempelkan di mesin scanner untuk pencocokan dengan tiket (tiket tetap disimpan guna ditunjukkan saat pemeriksaan di kereta), cari gerbong kereta, dan duduk sesuai nomor kursi tertera di tiket.

Kalau dulu, pengantar penumpang biasa masuk ke area lintasan kereta, sekarang tidak, salam-salam dengan kerabat hanya sampai di lobby. Lingkungan stasiun Bandung jauh lebih nyaman, dilengkapi berbagai fasilitas seperti gerai ATM, ruang customer service, café, restoran, mini market.

MOBIL TRAVEL

Menggunakan layanan point to point (shuttle) merupakan alternatif lain untuk perjalanan Jakarta-Bandung (atau sebaliknya) dengan kemudahan reservasi on line langsung ke operator travel atau call center atau melalui agen travel. Konsumen mudah memilih sesuai ekspektasi layanan yang diharapkan mengingat cukup banyaknya pilihan operator travel, misal: Cititrans, Xtrans, Daytrans, Lintas. Operator travel juga menyelenggarakan jasa pengiriman paket dan dokumen, mobil rental hingga tour.

Tarif mobil travel mungkin tidak begitu jauh dengan kereta api. Layanan yang diberikan boleh jadi merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pemilihan operator travel. Fasilitas dalam mobil yang ditawarkan antara lain AC, reclyner seat, bagasi. Termasuk dalam tarif dikenakan, beberapa operator travel memberikan free air minum kemasan. Kecukupan armada yang dimiliki terlihat dari variasi jam keberangkatan (misal setiap 1 jam) serta tersebarnya point baik di Bandung ataupun Jakarta. Kenyamanan lingkungan di setiap point seperti ruang tunggu yang dilengkapi TV, Wi Fi, mushola, hingga toilet yang bersih serta istirahat di rest area yang memungkinkan penumpang meluruskan kaki, pegal duduk terus, yang perlu ke toilet, atau sekedar ngopi merupakan layanan lain yang ditawarkan.

RENTAL MOBIL

Dari jumlah uang yang dikeluarkan, pilihan rental mobil untuk perjalanan Bandung-Jakarta (atau sebaliknya) pastinya jauh lebih besar dibandingkan tarif kereta api ataupun mobil travel point to point. Tentu ini sebanding dengan keleluasaan dalam menggunakan mobil disewa sesuai yang diperjanjikan.

Tidak ada salahnya cermat dalam memilih operator rental mobil. Perlu dipahami layanan apa saja yang akan diperoleh, misal: jenis mobil yang akan dipakai, jumlah kursi, maksimal tempat dikunjungi, waktu sewa, jadwal dan tempat penjemputan, ditunggu atau hanya drop off, perlukah menyerahkan (menyimpan) KTP. Kejelasan tarif sewa pun perlu diperhatikan, apakah hanya mobil berikut pengemudi diluar BBM, tol, perlukah memberikan tambahan untuk pengemudi, ataukah tarif sudah termasuk semuanya. Demikian pula halnya dengan charge yang dikenakan apabila waktu sewa melebihi yang disepakati.

Ketrampilan, kesigapan pengemudi mampu menimbulkan keyakinan, kepercayaan serta rasa aman penumpang, bagaimana tidak, misalnya: mendapatkan pengemudi rental yang senangnya ngebut, tidak paham mobil yang dibawa, tidak patuh rambu lalu lintas; jangankan rasa nyaman, jauh dari rasa aman. Kesopanan pengemudi pun menjadi penting dalam memberikan kenyamanan, misal: pengemudi ikut serta dalam pembicaraan penumpang, menceritakan kekurangan tempat pengemudi bekerja, atau meminta uang tambahan; timbul ketidaknyamanan yang berujung pada menurunnya kepercayaan pada operator rental mobil.

Postingan Populer